Alat Musik Jawa

1. Kendang

Kendang merupakan alat musik yang digunakan dalam gamelan. Instrumen ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Kendang yang kecil biasa disebut ketipung, yang menengah disebut kebar, kendang yang besar disebut kendang kalih.

2. Bonang

Bonang juga merupakan instrumen dalam gamelan. Alat musik ini adalah kumpulan gong kecil yang ditempatkan secara horizontal ke dawai dalam bingkai kayu, lebar satu atau dua baris. Alat pemukul bonang disebut bindhi yang berjumlah dua.

3. Demung, Saron, Peking

Instrumen dalam gamelan yang ini berbentuk bilahan dengan enam atau tujuh bilah (satu oktaf) ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator. Yang paling besar dan beroktaf tengah disebut demung, yang sedang dan beroktaf tinggi disebut saron, yang paling kecil dan beroktaf paling tinggi disebut peking. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu yang berbentuk khusus.

4. Kenong

Cara memainkan salah satu instrumen gamelan ini dengan cara dipukul dengan satu alat bantu. Suara kenong mengisi sela-sela antara instrumen kempul. Kenong disusun pada pangkon kayu yang dialasi dengan tali, sehingga saat dipukul kenong tidak goyang ke samping namun dapat bergoyang naik turun.

5. Kempul

Bentuk kempul seperti gong namun lebih kecil.  Satu set kempul terdiri dari beberapa buah dengan ukuran yang berbeda-beda. Alat musik ini dimainkan dengan digantung dan dipukul dengan kayu yang ujungnya dilapisi kain yang cukup tebal.

6. Gong

Instrumen gamelan yang besar, diameternya ada yang sampai 100cm. Dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat yang ujungnya tidak keras. Gong digantung menggunakan tali. Bunyi gong rendah dan biasanya dipukul saat tanda akhir lagu.

bersambung...